UMJ Akhiri 2022 dengan Prestasi UKM Olahraga

Oleh :
Mamay Nurbayani
UKM Olahraga UMJ saat menerima juara pada event Turnamen Pemuda Indonesia, di GOR POPKI, Kamis (29/12/2022).

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengakhiri tahun 2022 dengan prestasi yang diraih oleh Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Olahraga pada Turnamen Pemuda Indonesia 2022. Kamis (29/12), tercatat 3 perlombaan dijuarai oleh UMJ, yang diumumkan di GOR POPKI Jalan Taman Bunga, Cibubur, Jakarta timur.

Turnamen Pemuda Indonesia 2022 diselenggarakan oleh KEMENPORA RI DEPUTI Bidang Pengembangan Pemuda melalui Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan, peserta yang andil merupakan perwakilan dari organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, kepelajaran dan Senat/Badan Eksekutif Mahasiswa dengan usia pemain 16 sampai 30 tahun. UKM Olahraga UMJ mengirimkan 21 pemain pada lima cabang olahraga, empat diantaranya olahraga tradisional. Kelima cabor tersebut adalah balap karung, eggrang, bakiak, tarik tambang, dan tenis meja.

Dengan persiapan yang tidak cukup banyak, bukan menjadi penghalang UKM Olahraga untuk mengirimkan atlet, sebab UMJ mempunyai mahasiswa yang terbilang cukup mumpuni sebagai atlet di masing-masing bidang.

Adapun perlombaan yang diraih oleh UMJ adalah juara 1 lomba cabang olahraga tradisional egrang, juara 1 lomba terompah panjang/bakiak, juara 1 lomba tarik tambang dengan bobot maksimal 800kg dan peringkat 4 lomba tenis meja.

Manan Aprilianto, Ketua UKM Olahraga UMJ mengungkapkan bahwa peraihan yang diperoleh tidak terlepas dari dukungan yang di berikan oleh UMJ karena telah mempercayakan dan medukung setiap perlombaan. “Semoga UKM Olahraga UMJ kedepannya lebih baik dari tahun sekarang. Alhamdulillah penutup tahun ini kami dapat memberikan prestasi yang membanggakan untuk UMJ,” ungkap Manan.

Dr. Septa Candra, SH., MH., Wakil Rektor IV UMJ mengapresiasi atas pencapaian yang diraih oleh UKM Olahraga UMJ, “Prestasi kali ini cukup unik tetapi sangat membanggakan, kami (UMJ) akan terus mendorong minat dan bakat mahasiswa pada ajang perlombaan nasional maupun internasional,” ucap Septa.

Pada kesempatan yang sama, Septa mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih oleh mahasiswa UMJ merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya. Dengan harapan yang lebih kuat, Septa mengagendakan kegiatan Pekan Olahraga se-UMJ dengan tujuan melakukan seleksi internal guna mempersiapkan atlet yang kompeten pada bidang-bidang olahraga formal dan tradisional, “Menutup akhir tahun 2022 dengan prestasi, semoga menjadi penyemangat untuk mahasiswa dan UMJ untuk memberikan yang terbaik pada tahun yang akan datang,” tutup Septa. (MN/KSU)