Siapkan lulusan untuk berkarir pada dunia kerja, FIK UMJ gelar “Virtual Job Fair”

Oleh :
Kontributor FIK
Sambutan Dekan FIK UMJ, Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed., Kamis (19/12).

Pusat Pengembangan Karir Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK-UMJ) menggelar Virtual Job Fair dengan mengambil tema “We Care About Your Career” untuk menyiapkan lulusan dalam berkarir. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari lulusan profesi Ners tahun 2022 dan alumni FIK UMJ, Kamis (19/12).

Kegiatan Virtual Job Fair FIK UMJ 2022 ini bertujuan untuk membangun sinergi antara kampus dengan dunia usaha dalam hal penyediaan SDM yang dibutuhkan saat ini. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk memfasilitasi lulusan dan alumni FIK UMJ untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan terbaik serta mendekatkan dunia akademik dan dunia usaha secara interaktif dalam memperluas informasi kebutuhan ketenagakerjaan.

Virtual job fair ini diikuti oleh 6 perusahaan besar diantaranya PT. Binawan Inti Utama, PT. OS Selnajaya Indonesia, Rumah Sakit Mitra Keluarga Group, Rumah Sakit Primaya Group, dan Aliansi Rumah Sakit Islam Jakarta. Dekan FIK UMJ Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Virtual Job Fair FIK UMJ dengan resmi.

Dalam sambutannya, Miciko menyampaikan bahwa persaingan dunia kerja semakin ketat sehingga kondisi ini membawa tantangan tersendiri bagi para lulusan baru. Oleh karena itu, Program Studi Profesi Ners FIK UMJ sebagai institusi pendidikan yang telah mendapat akreditasi A (Unggul) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) tidak hanya menyiapkan generasi didik yang unggul dan berkualitas, tetapi juga harus memberikan jaminan mutu maupun pengelolaan lulusan sebagai suatu kesatuan mutu yang terintegrasi, mengelola lulusan sebagai produk dan mitra perbaikan berkelanjutan program studi, serta berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan dan pendayagunaan alumni.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Syamsul Anwar, SKM., M.Kep., Sp.Kep.Kom., juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, FIK UMJ berupaya turut serta memfasilitasi lulusan dan alumni untuk menyiapkan diri memasuki dunia kerja. Lebih lanjut, beliau memaparkan bahwa link and match antara dunia kerja dengan perguruan tinggi harus berjalan selaras. Jumlah pengangguran dari kalangan perguruan tinggi pun relatif meningkat.

Sambutan Wakil Dekan III, Dr. Syamsul Anwar, SKM., M.Kep., Sp.Kep.Kom., Kamis (19/12).

Sementara itu, perusahaan mengeluhkan semakin sulit mendapatkan kandidat yang benar-benar sesuai, mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi memadai.

Kegiatan ini mendapat respon baik dari peserta, dilihat dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% peserta merasa kegiatan ini sangat bermanfaat. Peserta merasa senang karena mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan dari perusahaan besar di Indonesia, tips dan trik lolos seleksi, proses recruitment, persyaratan yang paling umum dibutuhkan perusahaan, termasuk gambaran salary sebagai fresh graduate.

Presentasi PT. Binawan Inti Utama dan PT. OS Selnajaya, Kamis (19/12).

Harapan mereka kedepannya bisa menambah jumlah perusahaan atau instansi dalam acara Job Fair ini sehingga lulusan bisa mendapat kesempatan dan peluang kerja lebih banyak dan variatif lagi. Ketua Program Studi Profesi Ners FIK UMJ, Ns. Fitrian Rayasari, M.Kep., Sp.KMB mengucapkan banyak terimakasih atas feed back dari peserta dan lulusan. Lebih lanjut, Fitrian Rayasari menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh FIK UMJ sehingga saran dan masukan sangat kami harapkan untuk perbaikan dan pengembangan kedepan. (SB/FIK)