UKM UMJ Jadi Kampiun Pemuda Tani Cup 2022

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Tim sepak bola UKM UMJ di lapangan sepak bola DPR RI, Jakarta Pusat, (22/11)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) cabang olahraga Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi kampiun turnamen Pemuda Tani Cup 2022, yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia (PTI), di lapangan sepak bola DPR RI, Jakarta Pusat, (22/11). Selain itu, Novriadi, mahasiswa Prodi Manajemen FEB UMJ, turut menjadi topskor turnamen karena berhasil menjebol lima gol ke gawang lawan.

UMJ berhasil masuk final setelah menjinakkan perlawanan tim Gerindra dengan skor 3-0. Di partai puncak, UMJ bertemu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jalannya pertandingan berlangsung sengit, namun UMJ berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 4-1. Hasil ini membawa UMJ secara resmi jadi jawara turnamen Pemuda Tani Cup 2022, dan menerima hadiah trofi, serta uang tunai sebesar Rp.6.000.000, yang diberikan langsung oleh Ketua DPP PTI G. Budisatrio Djiwandono.

Ketua UKM UMJ Manan Aprilianto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pembina UKM dan pimpinan UMJ atas dukungan yang tiada henti. Menurutnya, menjadi kampiun memberikan semangat lebih untuk kompetisi berikutnya yaitu Liga Mahasiswa, dengan target juara bertahan tiga kali berturut-turut.

Lebih lanjut, Manan berharap UKM UMJ dapat mengikuti Liga 3 yang digelar oleh Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). “Saya berharap agar UMJ bisa mempunyai tim dan ikut serta di liga 3 zona Banten atau DKI Jakarta, karena melihat potensi dari para pemain yang sangat cukup mumpuni untuk mengikuti pagelaran oleh PSSI di setiap tahunnya. Nanti, di Liga 3 itu bisa menjadi wadah untuk para pemain sepak bola UMJ. Mengingat sebentar lagi akan dibuka Soccer Boarding School (SBS) UMJ, yang pastinya tindak lanjut bisa jadi wadah para pemain untuk bergabung dan berlatih di SBS UMJ juga,” jelasnya.

Suasana pertandingan sengit UKM UMJ melawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Novriadi mengatakan bahwa ia menikmati turnamen. “Saya dan rekan-rekan cukup enjoy dan menikmati pertandingan hingga final. Semua pemain cukup percaya diri, mungkin ada rasa sedikit grogi karena ada tekanan harus membawa piala, tapi setelah melakoni pertandingan pertama semua rasa grogi bisa diatasi dan bisa jadi lebih tenang,” ujarnya. Lebih lanjut, Novriadi bersyukur atas gelar topskor yang diraihnya dan berharap UKM UMJ cabang lain dapat terus berkembang dan maju.

Kompetisi sepak bola Pemuda Tani CUP 2022 merupakan rangkaian acara dari Pemuda Tani Expo yang dilaksanakan pada 25-26 November. Agenda digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Pemuda Tani ke-36, yang memperebutkan Piala G. Budisatrio Djiwandono. (QF/KSU)