Koordinator MBKM UMJ: Jadilah Guru yang Menggembirakan

Oleh :
Mamay Nurbayani
Prof. Herwina Bahar, MA., saat menjelaskan terkait rekognisi sks Sosialisasi Program Kampus Mengajar Angatan 5 Tahun 2023 di Auditorium FIP UMJ, pada Selasa (08/11).

“Jadilah guru yang menggembirakan untuk anak didik kalian,” jelas Prof. Herwina Bahar, MA., selaku Koordinator MBKM, pada kegiatan Sosialisasi Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023 di Auditorium FIP UMJ, pada Selasa (08/11). Kegiatan sosialisasi diikuti oleh lebih dari 50 mahasiswa dari berbagai fakultas, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan UMJ.

Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Wakil Rektor I UMJ menyampaikan data terkait keikutsertaan UMJ pada program kampus mengajar tahun sebelumnya. “Laporan yang telah saya sampaikan merupakan tanda bahwa UMJ selalu berpartisipasi aktif pada program pemerintah khususnya MBKM, kita (UMJ) terus mendukung program pemerintah ini sebab memberikan wadah untuk dosen dan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu serta menjalin relasi luas,” jelas Hadi.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Herwina Bahar, MA., menerangkan bahwa lebih dari 200 peserta turut mendaftar mengikuti acara sosialisasi. “Karena kegiatan ini berbarengan dengan Ujian Tengah Semester para mahasiswa, jadi ada beberapa dari mahasiswa yang tidak hadir langsung disini, namun dilihat dari pendaftaran sosialisasi saya berharap besar banyak pula yang turut andil pada kegiatan kampus mengajar Angkatan 5,” tutur Herwina.

Lebih lanjut, Herwina menjabarkan bahwa rekognisi SKS (Satuan Kredit Semester) yang akan didapatkan oleh dalam kegiatan Kampus Merdeka sebanyak 20 SKS. Selain itu, mahasiswa dapat mengembangkan rasa empati, melatih kemampuan dalam memecahkan masalah dan memiliki gambaran untuk penelitian tugas akhir.

Tim rombongan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Resi Fauzia, Ovi Yuiani dan Rama Aryo menyampaikan gambaran program Kampus Mengajar, penetapan dan tugas peserta. Penjelasan yang disampaikan sangat menyeluruh sehingga antuasisme peserta terlihat Ketika Resi Fauzia menanyakan kesediaan mahasiswa UMJ untuk andil dalam kampus mengajar Angkatan 5 dijawab dengan penuh semangat. Acara semakin menarik ketika mahasiswa UMJ peserta program Kampus Merdeka angkatan sebelumnya membagikan pengalaman selama mengikuti kegiatan Kampus Mengajar.

Prof. Herwina Bahar, MA., Ovi Yuiani, Resi Fauzia, saat kegiatan Sosialisasi Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023, di Auditorium FIP UMJ, pada Selasa (09/11).

Kampus Mengajar Angkatan 5 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program ini sebagai salah satu kebijakan Kampus Merdeka pada jenis kegiatan mengajar di sekolah yang mengajak mahasiswa, baik dari perguruan tinggi akademik maupun perguruan tinggi vokasi, dengan didampingi oleh dosen untuk berkontribusi langsung bagi Pendidikan siswa SD dan SMP di seluruh Indonesia yang berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi di jenjang Pendidikan dasar. (MN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/