KKN Internasional FISIP UMJ Berikan Rekomendasi Promosi Budaya Betawi

Oleh :
Dinar Meidiana
Mahasiswa dan Dosen peserta International Community Service Program presentasi hasil observasi, Selasa (08/11), di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ.

Program pertukaran mahasiswa dan dosen antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), dengan Akeenkya DY Patill University (ADYPU) dan Abhinav Education Society, India, resmi ditutup oleh Wakil Dekan I FISIP UMJ Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si., di Aula Kasman Singodimedjo, Selasa (08/11).

Kegiatan resmi ditutup setelah seluruh mahasiswa dan dosen menyelesaikan rangkaian International Community Service Program selama sepuluh hari di Perkampungan Setu Babakan, Jakarta Selatan.  Turut hadir dalam rangkaian penutupan Wakil Dekan II FISIP UMJ, Seluruh Ketua Program Studi, dosen, dan mahasiswa FISIP UMJ. Selain itu dosen dari ADYPU dan Abhinav Education Society juga turut hadir secara daring.

Amin Sabana, S.Sos., M.Si., sebagai ketua pelaksana International Community Service Program mengatakan bahwa setelah program tersebut berakhir, akan kolaborasi lainnya antara ketiga kampus. Tanggapan selaras terkait program tersebut juga datang dari berbagai pihak, mulai dari mahasiswa, dosen, dan pimpinan dari masing-masing universitas. 

Sementara itu, Head School of Management ADYPU Prof. Bhausaheb Londhe, mengatakan bahwa pertukaran mahasiswa yang dilakukan dengan FISIP UMJ sangat berkesan. Hal tersebut diakui olehnya karena sebelumnya ADYPU telah banyak melakukan pertukaran mahasiswa, tapi belum pernah menemukan program seperti yang dilakukan oleh FISIP UMJ.

Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si. (kanan), memberikan sambutan dan menutup kegiatan International Community Service Program FISIP UMJ, di Aula Kasman Singodemedjo, Selasa (08/11).

Wakil Dekan I FISIP UMJ Drs. H. Moh. Amin Tohari, M.Si., berharap kerja sama antara FISIP UMJ, ADYPU, dan Abhinav Education Society dapat terus berlanjut. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi. Kami berharap ada tindak lanjut kerja sama baik dalam hal penelitian, pertukaran mahasiswa, dosen tamu meskipun nanti dilakukan secara daring,” ungkap Amin. 

Sebanyak 24 mahasiswa dan 10 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang terbagi dalam 4 kelompok mempresentasikan hasil observasi dan rekomendasi dalam mempromosikan kebudayaan betawi ke dunia internasional dalam bentuk audio visual. Pihak Unit Pengelola Kawasan (UPK) Setu Babakan yang turut hadir menyaksikan dan menyimak hasil observasi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Nurul Fadhilah, Satuan Pelaksana Pelayanan dan Informasi UPK Setu Babakan mengatakan bahwa rekomendasi yang dihasilkan dari observasi para mahasiswa dan dosen yang terlibat sangat berharga. 

“Kami membutuhkan banyak masukan saran dari berbagai pihak, baik dari akademisi, praktisi, maupun masyarakat yang berada di dalam dan di luar kawasan. Kami mendapatkan saran dan masukan yang sangat berharga dari program ini (International Community Service Program),” ungkap Nurul.

Nurul juga mengapresiasi hasil observasi mahasiswa yang dikemas dalam bentuk video. Video tersebut mencakup beberapa unsur kebudayaan mulai dari kesenian, kuliner, kearifan lokal dan desa wisata, serta permainan khas Betawi. Menurut Nurul, video tersebut menjadi bahan literasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Betawi di daerahnya masing-masing. (DN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/