Jajan di Management Week 2022 Pakai Digital Payment

Suasana jual-beli Bazar Stand, di Taman FEB UMJ, Rabu (23/11).

Puluhan stan bazar makanan memenuhi taman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) sejak Senin (21/11) hingga Sabtu (26/11) mendatang. Menariknya, setiap stan menyediakan barcode untuk pembayaran secara digital (digital payment) atau non-tunai. Agenda yang bertajuk “Digital Payment For The Realization of Modern UMKM” dilaksanakan di area FEB UMJ selama satu pekan merupakan bagian dari Management Week 2022. Para tenant pada bazar tersebut merupakan mahasiswa Program Studi Manajamen FEB UMJ dari berbagai angkatan.

Ketua Pelaksana Management Week 2022 Imaduddin Hariri menyatakan acara digelar sebagai sarana penyaluran ide dan kreativitas mahasiswa di bidang ekonomi dan bisnis, serta membangun semangat berkompetisi yang positif dan sehat. Acara ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai ekonomi kreatif dan ekonomi digital dengan perkembangan financial technology di Indonesia.

Dekan FEB UMJ Dr. Luqman Hakim, M.Si. mengungkapkan bahwa Management Week 2022 adalah kegiatan positif yang memberikan pelajaran dan pengalaman baik bagi mahasiswa, karena dapat membangun psikologis sebagai wiraswasta dengan rangkaian kegiatan yang disediakan. “Dibuktikan dengan adanya stan bazar yang dapat mengaplikasikan, melayani, membuat produk kepada pembeli dan menghitung untung atau rugi, sehingga dapat menjadi bekal mahasiswa secara langsung. Lalu, ada juga kompetisi bagus untuk pengusaha mengenai rencana dan kasus dalam bisnis, yaitu Business Plan dan Business Case. Nanti, ditutup acaranya dengan ilmu lebih dalam dari narasumber yang berkompeten di Business Club, serta Semnas yang membahas bisnis dan perkembangan era digital,” tambahnya.

Mengingat beberapa acara dilaksanakan secara luring, ia mengutarakan bahwa yang mengikuti kegiatan harus tetap menjaga protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Lebih lanjut, Luqman berharap dari agenda HIMMA FEB UMJ dapat memunculkan dan menumbuhkan lebih banyak mahasiswa maupun lulusan yang menjadi saudagar dan pengusaha, bukan hanya praktisi atau pekerja saja.

Pengakuan salah satu mahasiswa Prodi Manajemen angkatan 2020, Razieq yang sedang merintis usaha minuman berupa kopi. Saat ditemui di stan miliknya, Razieq mengaku bahwa ia dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan selama merintis usaha. “Kaya pembukuan, pengelolaan sumber daya, semuanya ada dipake selama buka usaha,” tutur Razieq.

Laki-laki yang merintis usaha sejak akhir 2021 ini mengaku senang mencoba untuk memulai usaha karena bisa nongkrong sekalian menghasilkan uang. Razieq mengatakan bahwa acara Management Week 2022 sangat mendukung mahasiswa khususnya dari Prodi Management untuk belajar dan mengembangkan bisnisnya.

Manajemen Week 2022 menyajikan beragam kegiatan mulai dari Business Trade Fair (BTF), Management Sport & Creative Competition (MSC), Management National Competition (MNC), hingga Seminar Nasional (Semnas). Barisan stan bazar di Taman FEB UMJ, dan Business Club di Cafe Pancasila, merupakan bagian dari kegiatan BTF yang sangat diminati oleh mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan kewirausahaan. Sedangkan MSC merupakan ajang pertandingan olahraga futsal dan badminton yang digelar di fasilitas olahraga sekitar UMJ.

Selain itu, Manajemen Week 2022 juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan kebolehannya dalam MNC dengan dua kategori perlombaan yakni lomba Business Plan dan Business Case. Kedua perlombaan tersebut digelar secara daring dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pemenang lomba akan diumumkan dalam Seminar Nasional sebagai acara penutup dari rangkaian kegiatan Management Week 2022, di Aula FEB UMJ (26/11). Seminar Nasional tersebut akan mendatangkan praktisi sekaligus entrepreneur berpengalaman, Najla Farid Bisyir yang merupakan CEO dan Founder Bittersweet by Najla. (QF/DN/KSU)