Menuju Hari Bermuhammadiyah III

Flyer Hari bermuhammadiyah

Kabar gembira untuk civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) karena Hari Bermuhammadiyah (HBM) hadir lagi, pada Sabtu (15/09/2022) mendatang. Kali ini merupakan HBM ketiga yang menjadi giliran Fakultas Hukum (FH) sebagai penyelenggara. Lebih lanjut, Konsultasi Hukum gratis pun hadir di jajaran stand yang tersedia.

Dekan FH UMJ, Dr. Dwi Putri Cahyawati, SH., MH. menyatakan bahwa konsep adanya stand Konsultasi Hukum tanpa dikenakan biaya, berangkat dari adanya rasa prihatin FH atas banyaknya masyarakat yang menghadapi persoalan hukum. Menurutnya, masyarakat banyak yang tidak tahu meminta pertolongan ke siapa dan ke mana jika menghadapi polemik hukum, serta karena adanya keterbatasan biaya.

Berkaitan dengan itu Dwi mengatakan, “FH akan hadir bersama para ahli hukum yang berkompeten di bidangnya dan kebetulan mereka adalah dosen di FH UMJ. Niatnya bersama-sama untuk beribadah sekaligus melakukan pengabdian kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi. Layanan konsultasi hukum secara cuma-cuma ini merupakan wujud dari kepedulian FH UMJ tentang pentingnya memperjuangkan hak-hak hukum bagi warga Muhammadiyah dan masyarakat sekitar UMJ, sehingga dapat membantu keluar dari persoalan hukum,” jelas Dwi ketika diwawancara via pesan singkat, pada Senin (3/10/2022).

Dekan FH UMJ tersebut juga menyampaikan harapannya yaitu UMJ khususnya FH dapat mengadakan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat, berbagi ilmu, dan rezeki karena Allah. Selain itu, untuk edisi HBM selanjutnya agar dapat lebih semarak dan lebih memberikan manfaat.

Selain konsultasi hukum gratis, HBM III akan dimeriahkan dengan adanya Book Corner yang akan menjadi sudut pameran buku hasil karya civitas akademika UMJ.

Book Corner merupakan lapak pameran yang digelar khusus bagi civitas akademika UMJ yang memiliki karya tulis dalam bentuk buku untuk memamerkan, menjual, maupun membagikan buku hasil karyanya. Pameran buku ini merupakan salah satu jalan dakwah yang dilakukan UMJ untuk membunikan budaya literasi. Hal tersebut sejalan dengan filosofi Hari Bermuhammadiyah UMJ yaitu untuk mensyiarkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dengan budaya.

Melalui program Book Corner, mahasiswa, dosen, karyawan, dan tenaga kependidikan dapat mengikut sertakan hasil karyanya sebagai salah satu dakwah untuk meningkatkan keilmuan, dan memperkuat budaya literasi di lingkungan UMJ. Dalam hal ini UMJ mendukung karya seluruh civitas akademika UMJ dengan memberikan ruang untuk menampilkan hasil karya yang diciptakan. Civitas akademika UMJ dapat menghubungi Kantor Sekretariat UMJ (KSU) apabila ingin turut menampilkan hasil karyanya.

HBM III akan diselenggarakan di Gedung Cendekia, dengan tema “Menyongsong Muktamar Muhammadiyah Ke-48: Memperkuat dan Memperluas Jamaah Muhammadiyah Melalui Penguatan Dakwah Kultural”. Agenda tersebut menghadirkan Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (Rektor UMJ), Dr. Haedar Nashir, M.Si. (Ketua Umum PP Muhammadiyah), Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti, M.Ed. (Badan Pembina Harian UMJ), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), dan Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Lc. M.A (Wakil Ketua MPR RI).

HBM III akan diawali dengan Kick Off pertandingan sepak bola Liga HW oleh Haedar Nashir, Ketum PP Muhammadiyah. Selain itu, HBM III dimeriahkan oleh Tapak Suci dan bazar, serta Book Corner dan Konsultasi Hukum gratis yang sudah dijelaskan sebelumnya.

HBM merupakan program yang dapat mempererat silaturahmi sesama warga Muhammadiyah, juga merupakan momentum bagi sivitas akademika UMJ untuk menumbuh-kembangkan rasa cinta, semangat dan syiar Muhammadiyah secara inklusif, dan mendalami ideologi gerakan Muhammadiyah. (DN/ID/QF/KSU)