Mahasiswa FIP UMJ Perkuat Tim Banten Raih Perunggu di Kejurnas Cricket 2022

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga FIP UMJ Hamzah Dzulfaqor Sranggun dan Julang Dzulfikar, menerima medali perunggu Kejurnas Cricket 2022, di Buperta, Cibubur, Kamis (27/10).

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), Hamzah Dzulfaqor Sranggun dan Julang Dzulfikar, mengantarkan Provinsi Banten meraih medali perunggu dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cricket 2022. Agenda ini diselenggarakan selama lima hari (23-27 Oktober), di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur.

Pada pertandingan pertama, Provinsi Banten mengalahkan Provinsi Papua dengan skor 113-112 runs. Tim cricket Banten kemudian berhasil menyingkirkan Provinsi Sumatera Utara dengan hasil akhir 151-75 runs pada laga kedua. Namun, pada partai ketiga Provinsi Banten harus mengakui keunggulan Provinsi Bali, yang mengantarkan Provinsi Banten duduk di posisi runner up pool A dan bertanding di semifinal melawan Provinsi DKI Jakarta, yang berujung kemenangan untuk pasukan ibu kota.

Perebutan medali perunggu (posisi ketiga) tidak dipertandingkan melainkan juara bersama, tetapi pada perhitungan run rate Provinsi Banten menang atas Provinsi Lampung. Provinsi Banten yang diperkuat oleh Hamzah Dzulfaqor Sranggun dan Julang Dzulfikar, mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga FIP UMJ resmi menempati peringkat tiga.

Jum’at (28/10), Hamzah bercerita tentang seleksi untuk mewakili Provinsi Banten di Kejurnas Cricket 2022. Ia mengatakan dimulai dari masing-masing wilayah sudah disaring dengan ketat. “Di setiap daerah seperti Tangsel, Pandeglang, Cilegon, Serang dan lainnya mengirimkan atlet untuk seleksi selama tiga hari, di Puspitek. Dari 32 nama atlet putra yang mengikuti, terpilihlah 14 orang untuk Kejurnas,” jelas Hamzah.

Hamzah juga menyatakan bahwa dukungan UMJ sejauh ini sangat membantu, salah satunya adalah perizinan latihan dan pertandingan yang diikuti. Lebih lanjut, ia berharap agar dapat berprestasi lagi dan UMJ bisa mengikuti liga mahasiswa khusus cricket.

Selaras dengan harapan yang disampaikan Hamzah, Julang lebih menekankan untuk mengevaluasi dirinya setelah hasil yang didapatkan saat mengikuti Kejurnas Cricket 2022. “Saya akan lebih bersemangat lagi untuk meningkatkan prestasi, bagi saya maupun UMJ ke depannya,” ujar Julang.

Prestasi yang diraih oleh Hamzah dan Julang tidak terlepas dari peran pelatih, yaitu Nanang Suherman, S.Pd., yang merupakan lulusan UMJ tahun 2021. Menurut Nanang, keduanya adalah atlet berpotensi di Provinsi Banten, sehingga hasil yang didapatkan pun menjadi suatu kebanggaan.

Nanang mengatakan bahwa kejuaraan kali ini menjadi parameter untuk mengetahui kekuatan lawan. Pasalnya, akan ada agenda yang diikuti dalam waktu dekat. “Rencana ke depan untuk 19-28 November adalah PORPROV di Kota Tangerang. Ajang ini juga menjadi seleksi atlet tim Banten untuk Pra PON 2023, menuju PON 2024 di Medan dan Aceh, sehingga ada persaingan ketat sekali antar Kabupaten, Kota, dan Provinsi Banten,” tambah Nanang.

Kejurnas Cricket 2022 dijadikan sarana untuk menjaring potensi atlet yang akan memperkuat Tim Nasional (Timnas) Cricket Indonesia. Terlebih, untuk tahun depan Cricket Indonesia sedang mempersiapkan diri agar dapat berprestasi pada ajang multievent SEA Games 2023 Kamboja, Asian Games 2023 Hangzhou serta ajang single event kualifikasi Piala Dunia U-19 Putra dan Kualifikasi Piala Dunia Putri. (QF/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/