UMJ Raih Peringkat 7 Ranking SINTA versi 3 PTMA dan Peringkat 74 Nasional

UMJ menempati posisi 7 ranking SINTA versi 3.0 di lingkup PTMA se Indonesia

Universitas Muhammadiyah Jakarta menempati posisi ke-7 pada ranking Sinta Versi 3 PTMA. Sedangkan pada lingkup nasional, UMJ berada di posisi ke-74 dari 5.320 perguruan tinggi. Pengumuman tersebut resmi diumumkan pada Jumat, 5 September 2022. Pencapaian ini diperoleh setelah dilakukan pembaruan pada kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat dalam SINTA Versi 3 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia oleh seluruh dosen UMJ melalui LPPM UMJ.

Pencapaian ini diperoleh dari hasil rangkaian lokakarya ‘workshop’ bertajuk Program Workshop Series Pemutakhiran Data pada SINTA. yang digelar oleh LPPM UMJ secara daring pada Kamis (28/07/22). Sebanyak 200 peserta mengikuti lokakarya yang kemudian memaksimalkan lokakarya yang dilakukan di fakultas masing-masing. Workshop Series dilakukan dengan menghadirkan narasumber antara lain Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si. (Ketua LPPM UMJ), Anwar Ilmar Ramadhan, S.T., M.T. (Koordinator Publikasi dan Pengelola Jurnal UMJ), Darto., S.E., M.M. (Koordinator Penelitian LPPM UMJ), dan Taufiqurrochman, M. Kom. (Kepala Pusdatin UMJ).

Peserta workshop diberikan informasi terkait dengan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek RI yang mengatur tentang pemutakhiran data pada SINTA. Peserta yang terdiri dari dosen UMJ dihimbau untuk menggunakan SINTA versi terbaru yakni SINTA 3.0. Selain itu juga memastikan data sudah dilakukan pembaruan dan sinkron dengan data penelitian dan pengabdian di BIMA.

Pemerintah mengeluarkan dan memperbarui SINTA 3.0 sebagai kolaborasi riset antara universitas dengan sistem informasi yang mengedepankan basis data. Salah satu kelebihannya yaitu peneliti dan dosen mendapatkan akses penuh untuk menggunakannya.

Sosialisasi perihal fitur SINTA 3.0 kepada para dosen diharapan dapat meningkatkan ranking UMJ di SINTA maupun World Class University.Kerja sama dan sinergi antara seluruh stakeholder untuk melengkapi semua data diperlukan dalam mencapai akreditasi unggul melalui kenaikan pangkat dosen yang tersertifikasi. Pencapaian UMJ pada ranking SINTA Versi 3 adalah salah satu langkah dalam persiapan menuju akreditasi unggul. Langkah lainnya ialah percepatan peningkatan jabatan akademik dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar di UMJ. (DN/KSU)