Semarak Festival Teknik 2022

Festival Teknik
Irfan Purnawan, S.T., M.Cheng.Eng., Ricardo Pratama, Ibrahim Septiani, Iqbal Alamsyah dan peserta Semarak Festival Teknik, pada Rabu (28/09).

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan kegiatan Semarak Festival Teknik (SEMFEST) 2022, dengan tajuk Menghidupkan Euphoria yang Bersinergi Demi Persatuan dan Pengembangan yang Didasari Teknik Satu, dilaksanakan pada 20 September – 08 Oktober 2022, bertempat di Auditorium Djoanda Fakultas Teknik UMJ.

Kegiatan ini dibuka secara resmi pada hari Rabu, (28/09) oleh Dekan FT UMJ Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng. serta diikuti kurang lebih 50 mahasiswa.

Irfan Purnawan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan fakultas yang dimana pada kurikulum 2021 menempatkan seni dan olahraga pada mata kuliah pilihan. Irfan juga menerangkan bahwa akan ada kegiatan lanjutan untuk para mahasiswa dengan mewadahi bakat seni, olahraga dan keilmuan. “Kami (FT) akan mensupport mahasiswa yang memiliki bakat dalam bentuk pembinaan, sehingga akan memotivasi mahasiswa lainnya untuk dapat berkompetisi sekaligus mendulang prestasi,” ungkap Irfan.

Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng. (Dekan FT UMJ) saat pembukaan Semarak Festival Teknik 2022, bertempat di Auditorium Djoanda FT UMJ, pada Rabu (28/09).

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT, Ricardo Pratama menjelaskan bahwa Semarak Festival Teknik 2022 merupakan ajang kreativitas dari mahasiswa agar dapat berkompetisi sekaligus menyalurkan bakat yang dimiliki. “Kami (BEM FT) ingin memberikan wadah untuk mahasiswa FT agar mereka dapat memiliki jiwa kompetitif, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi seluruh lembaga di fakultas,” ungkap Ricardo.

Semarak Festival Teknik 2022 merupakan ajang pertandingan dan perlombaan dari beberapa bidang olahraga, seni dan keilmuan. Olahraga yang ditandingkan adalah Futsal, Basket, Bulu tangkis, Tenis Meja dan Mobile Legend pada kategori e-sport.
Adapun pada kategori pendidikan akan diselenggarakan perlombaan cerdas cermat. Untuk seni yang ditampilkan dalam kegiatan ini, akan dilaksanakan Pameran Teknik dengan menampilkan hasil karya setiap himpunan seperti mobil hemat energi buah karya dari himpunan teknik mesin, kapal selam tanpa awak buah karya himpunan elektro, dan lain sebagainya.

Iqbal Alamsyah, selaku ketua pelaksana dalam acara ini memberikan penjelasan bahwasanya tujuan dari kegiatan ini agar FT UMJ kembali menghadirkan euforia di lingkungan fakultas. “Setelah pandemi 2 tahun kemarin sempat down dalam beberapa agenda kegiatan, kami (FT) ingin kembali menghidupkan suasana euforia yang menggembirakan,” tutur Alam.

Alam juga menambahkan bahwa mahasiswa dan karyawan sangat antusias mengikuti kegiatan ini, pada setiap bidang olahraga, seni dan pendidikan yang dilombakan banyak peserta yang telah mendaftar.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan Technical Meeting untuk setiap perlombaan yang dikoordinir oleh panitia pelaksana. (MN/KSU)