PKKMB UMJ Luring Pertama Pasca Pandemi

PKKMB UMJ
Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (Rektor UMJ) saat menyampaikan sambutan di hari ketiga PKKMB UMJ 2022, yang bertempat di Plaza FISIP, pada Rabu (14/9/2022).

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) digelar sejak Senin (12/9/22), di Stadion Sepak Bola UMJ, Cirendeu, Tangerang Selatan. Lebih dari 3400 mahasiswa baru mengikuti agenda tersebut, yang berasal dari 10 fakultas, baik dari Kampus A (Cirendeu) dan Kampus B (Cempaka Putih). PKKMB UMJ diselenggarakan mulai Senin (12/09) hingga Jumat (16/9) mendatang. Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod,, M.Si. dan jajarannya, Pimpinan Fakultas, Kepala Lembaga, Sekjen Ikatan Alumni, Organisasi Kemahasiswaan dan seluruh civitas academica di lingkungan UMJ. Selain itu, turut hadir juga Menteri Perdagangan RI, Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M.

Suasana sebelum pembukaan PKKMB UMJ 2022 di Stadion UMJ, Senin (12/09).

Dalam sambutannya, Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si. (Rektor UMJ) menjelaskan makna tema PKKMB UMJ 2022, Journey to The Future yang menunjukkan bahwa UMJ turut menjadi bagian perjalanan mahasiswa baru menuju kesuksesan. Selanjutnya, Ma’mun berpesan agar mahasiswa harus menjadi istimewa. “Kami berharap, adik-adik mahasiswa dapat menjadi mahasiswa yang istimewa, bukan yang biasa-biasa saja. Artinya, IPK baik dan taat beribadah, serta aktif di kampus,“ jelas Ma’mun.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan RI Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. turut berpesan kepada mahasiswa baru agar selalu berjuang untuk meraih keberhasilan dengan ketangguhan dan kekuatan jiwa. “Hidup itu pilihan, tergantung daya juang dan usaha masing-masing. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan dengan baik, kita harus bersungguh-sungguh untuk bisa ikut berkompetisi dalam lingkup nasional maupun internasional,” ungkap Zulkifli.

Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H., Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., untuk ikut andil dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Dalam kegiatan ini Sandiaga Uno dan bambang Soesatyo menyampaikan materi dan motivasi untuk mahasiswa baru UMJ via zoom meeting, yang diselenggarakan di Plaza FISIP UMJ.

Berbeda dari pertama, PKKMB UMJ hari kedua (13/09) digelar untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dikemas dalam UKM Expo 2022 dengan tajuk New Generation in New Normal with More Comprehensive Youth. Agenda tersebut dilaksanakan di Plaza FISIP dan sekitar kampus A UMJ. Seluruh mahasiswa baru yang terlibat kurang lebih sebanyak 3.400 orang berkeliling kampus A untuk diperkenalkan UKM UMJ.

Dekan di lingkungan UMJ menyambut kehadiran mahasiswa baru dalam PKKMB UMJ 2022 di Stadion UMJ, Senin (12/09).

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), berkesempatan hadir dan memberikan sambutan kepada mahasiswa baru UMJ via zoom. Lebih lanjut, Dr. Ir. Nina Mutmainah, MM. (Wakil Rektor II UMJ) dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pengenalan UKM sangat penting dilakukan ketika masa PKKMB. Namun ada sedikit perbedaan unit yang ditampilkan di UMJ, seperti Ortom Muhammadiyah yang menjadi khas dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci, Hizbul Wathan, dan Nasyiatul Aisyiyah.

UKM Expo merupakan event tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan UKM yang ada di UMJ kepada seluruh mahasiswa, khususnya pada mahasiswa baru. UMJ memiliki enam UKM di antaranya yaitu At-tanwir, Stacia, Renaissance, Mapena, Olahraga, dan Menwa. Keseluruhan UKM tersebut berada di bawah naungan Wakil Rektor IV UMJ Bidang Kemahasiswaan, Dr. Septa Chandra, S.H., M.H.

Berbeda dengan PKKMB hari pertama dan kedua, ada agenda khusus untuk pengenalan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah yang ada di lingkungan UMJ. Pengenalan Ortom Muhammadiyah UMJ disebut dengan Mastama yakni Masa Ta’aruf Mahasiswa. Mastama digelar di dua tempat yakni Kampus A (Cirendeu) dan Kampus B (Cempaka Putih), menyesuaikan dengan lokasi gedung kampus.

Organisasi otonom Muhammadiyah yang terlibat di antaranya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Hizbul Wathan (HW), dan Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Mastama Ortom di Kampus A, menghadirkan Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A., yang disambut oleh Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Warek I Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., dan seluruh Ketua Ortom Muhammadiyah di UMJ.

Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A (Wakil Ketua MPR RI) berkesempatan menyampaikan sambutan dan pidato tentang Mahasiswa Muhammadiyah Berkemajuan: Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Dalam pidatonya, Hidayat menyebutkan prestasi UMJ yang diraih melalui berbagai kejuaraan dan/atau penghargaan di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga : Gebyar Masa Ta’aruf Mahasiswa FIK & FT UMJ

Lebih lanjut, Wakil Ketua MPR RI itu menyatakan bahwa UMJ merupakan universitas yang tepat untuk menempuh studi. “Anak-anak dan adik-adikku semuanya, anda berada di tempat yang tepat. Sampai sini (UMJ) sudah menghadirkan suatu fakta bukan sekadar janji. Memberikan bukti bahwa di kampus (UMJ) ini bisa menghasilkan juara-juara di tingkat nasional maupun internasional, dalam jumlah yang sangat besar dan konsisten di sepanjang waktu. Itu artinya, selamat untuk anak-anakku semuanya,” tutur Hidayat.

Kegiatan Mastama Ortom UMJ 2022 di Kampus A (Cirendeu) diikuti oleh kurang lebih 3000 peserta, sedangkan Mastama Ortom Kampus B UMJ (Cempaka Putih) diikuti oleh 425 peserta dengan rincian 295 dari Fakultas Teknik dan 130 dari Fakultas Ilmu Keperawatan. Keseluruhan mahasiswa baru yang terlibat kompak mengenakan busana bernuansa merah marun. Selain itu, turut hadir juga Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, S.E., M.E., (Juru Bicara Menteri Pertahanan RI) di Kampus A, sedangkan Wakil Rektor IV UMJ, Dr. Septa Candra, S.H., M.H., di Kampus B.

Di hari selanjutnya penyelenggaraan PKKMB UMJ, digelar di setiap Fakultas pada Kamis, 15 September 2022 lalu diakhiri dengan Mastama IMM Komisariat pada Jum’at, 16 September 2022 mendatang. Kesenangan terpancar dari respon mahasiswa baru salah satunya yaitu Fairuz Hidayatullah (Ilmu Komunikasi, FISIP). “Karena acara PKKMB dua tahun terakhir melalui virtual, maka saya sangat senang merasakan PKKMB secara langsung di tahun ini. Secara keseluruhan acara sangat oke,” ucap Fairuz. Lebih lanjut, ia berharap menjadi mahasiswa akan terus belajar hingga mendapatkan IPK yang memuaskan dan mengikuti organisasi sesuai dengan minat dan bakat. (QF/MN/KSU)