UMJ Raih Juara 3 PKP2 PTMA se-Indonesia Tahun 2022

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan ““The Larva. Pakan Ternak Berprotein Tinggi. Solusi Cemaran Limbah Industri Retail yang terdiri dari Raihan Isbintara, Dwi Ayuni Juniarsi, M. Surya Ritonga, Salmah dan Fadhilah Hasna.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil menduduki juara 3 (tiga) dalam Pelatihan Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia yang diumumkan secara daring pada Sabtu (27/08). Pelaksanaan PKP2 diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Mahasiswa (PUSPRESMA) PTMA. Pelatihan ini merupakan ajang latihan serta persiapan bersama seluruh PTMA dalam menghadapi PKP2 yang diselenggarakanoleh Belmawa Dikti yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi secara nasional. Pesertanya merupakan kelompok mahasiswa yang sebelumnya telah memperoleh pendanaan pada pelaksanaan PKM tahun 2022.

Pelaksanaan PKP2 PTMA 2022 oleh PUSPRESMA PTMA tahun ini difasilitasi oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 13 Agustus 2022 secara daring. Sebanyak 117 tim berasal dari 20 PTMA turut serta menjadi peserta dalam PKP2 PTMA.

Pada kesempatan tersebut, Universitas Muhammadiyah Jakarta mengirimkan 3 (tiga) tim dalam acara PKP2 tingkat PTMA. Salah satu tim dari Fakultas Pertanian UMJ dengan mengusung judul proposal The Larva. Pakan Ternak Berprotein Tinggi. Solusi Cemaran Limbah Industri Retail, berhasil dinobatkan menjadi Juara 3 dalam PKM bidang Kewirausahaan.

Pengumuman pemenang secara daring, Sabtu (27/08).

Tim yang diketuai oleh Raihan Isbintara ini beranggotakan Dwi Ayuni Juniarsi, M. Surya Ritonga, Salmah dan Fadhilah Hasna terdiri dari mahasiswa FTAN dan FEB UMJ. Raihan dkk. saat ditemui di Gedung FTAN UMJ pada Kamis (30/08), mengaku sangat senang atas kejuaraan yang diraih pada acara ini. Raihan Isbintara, ketua tim, memberikan pesan untuk mahasiswa UMJ agar turut andil dalam kegiatan PKM “PKM memiliki arti Pekan Kreativitas Mahasiswa memberikan wadah untuk mahasiswa menuangkan ide dan gagasan atas kreativitas yang mereka (mahasiswa) miliki, maka saya mengajak untuk seluruh mahasiswa UMJ agar ikut serta dalam ajang nasional ini,” ungkap Raihan, Selasa (30/08).

Lorenta In Haryanto, S.E., M.Sc., dosen pembimbing mengaku sangat bangga atas pencapaian yang telah diperoleh mahasiswa. “Saya merasa senang dan bangga saat mendengar Raihan dkk. juara 3 dalam acara ini,” ungkap Lorenta saat ditemui di Gedung Fakultas Pertanian UMJ pada Selasa (30/08). Dosen Fakultas Pertanian ini juga memberikan pesan untuk mahasiswa UMJ agar selalu semangat dalam mengikuti lomba dan kerahkan segala kemampuan agar produk yang dihasilkan adalah produk terbaik “Jika ada lomba, ikuti saja terlebih dahulu. Ketika dalam lomba disyaratkan untuk memberikan luaran tiga, kita (UMJ) jangan membuat tiga. Namun berikan tambahan yang lainnya agar menjadi nilai plus,” tutup Lorenta. (MN/KSU)