Dikdasmen PDM Tangsel dan LPP AIK UMJ Gelar Baitul Arqam untuk Guru Muhammadiyah

Oleh :
KSU UMJ Editor
Pembukaan Baitul Arqam Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan, Jumat (26/08), di Aula Wisma Haji, Ciloto, Cianjur.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPP AIK UMJ) laksanakan Baitul Arqam bagi Guru Muhammadiyah se-Tangerang Selatan, di Wisma Haji Ciloto, Cipanas, Cianjur (26-28 Agustus). Baitul Arqam ini diikuti 92 peserta dari 17 sekolah se-Tangerang Selatan ini dibuka oleh Dikdasmen PDM kota Tangsel.

Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Rektor UMJ, menyampaikan keynote speech dalam Baitul Arqam PDM Tangerang Selatan, Jumat (26/08), di Aula Wisma Haji, Ciloto, Cipanas.

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Tangsel, Drs. Kosep Mulyadi, M.Pd dalam sambutannya pada acara pembukaan menyampaikan pentingnya meningkatkan kualitas guru di lingkungan sekolah Muhammadiyah se-Kota Tangsel, “acara Baitul Arqam ini menjadi penting untuk meningkatkan kualitas, termasuk pemahaman terkait kemuhammadiyahan,”ujar Kosep.

Sejalan dengan Ketua PDM Tangsel, Dr. Burhanudin Yusuf, MM., MA yang menyampaikan bahwa acara ini menjadi penting karena yang didapatkan peserta pada hari ini akan akan menjadi bekal yang kemudian bisa disampaikan kepada anak didik di sekolah, “maka dari itu Bapak/Ibu peserta harus serius dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini,” pesan Burhanudin.

Kerja sama yang dilakukan oleh UMJ dan PDM Tangsel ini adalah salah satu komitmen UMJ dalam berkontribusi untuk Muhamamdiyah khususnya daerah Tangsel. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua LPP-AIK UMJ, Drs. Fakhrurazi, MA., bahwa Kampus UMJ yang secara geografis terletak di Tangsel akan terus menguatkan komitmen untuk berkontribusi. “Kontribusi UMJ terhadap Muhammadiyah akan terus dikuatkan, yang kedepannya dosen dan karyawan UMJ akan diarahakan untuk aktif di Muhammadiyah domisilinya masing-masing,” tegas Fakhrurazi.

Aktifnya Dosen dan Tendik UMJ di Persyarikatan Muhammadiyah menjadi harapan Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., beliau selalu mengingatkan Dosen dan Tendik UMJ untuk aktif di Pimpinan Ranting maupun Pimpinan Cabang Muhammadiyah, sehingga beliau juga menghimbau kepada Peserta Baitul Arqam, “Guru dan Karyawan di Sekolah Muhammadiyah harus juga aktif di Muhammadiyah khususnya di Kota Tangerang Selatan,” ujar Ma’mun dalam penyampaian materi. (JD/KSU)