16 SMA Se-Jabodetabek Ikuti Turnamen Futsal Piala Bergilir FISIP UMJ

Sekolah SMK Nusantara Kedoya dan SMAN 97 Jakarta Foto Bersama Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Dekan FISIP UMJ Dr. Evi Satispi, M.Si., dan Dosen FISIP UMJ, (09/09).

Hizbul Wathan Fustal Club (HWFC) FISIP UMJ menggelar Turnamen Futsal Piala Bergilir antar SMA/SMK pada 8-9 Agustus 2022 yang diselenggadakan di Green Park UMJ. Turnamen ini didukung oleh Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) FISIP UMJ.

Fauzan Dede Hakim Siregar, Ketua pelaksana Turnamen Futsal Piala Bergilir saat diwawancarai mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 16 tim se-Jabodetabek. “16 Peserta terdaftar dalam turnamen ini,” tutur Fauzan. Pembukaan Turnamen Piala Bergilir dilaksanakan pada Senin (8/8) yang dibuka oleh Wakil Dekan III FISIP UMJ, Dr. Fal Harmonis dan dilanjutkan dengan pertandingan-pertandingan dari babak 16 besar hingga final.

Ketua Umum HWFC FISIP UMJ, Rafli Hidayat menegaskan tujuan terselanggaranya turnamen ini. “Tujuan utama dari turnamen ini untuk promosi UMJ khususnya FISIP UMJ,” jelasnya. Ia menambahkan antusiasme siswa di bidang futsal menjadi peluang untuk penambahanan mahasiswa baru di UMJ, khusunya FISIP UMJ. “UMJ dengan prestasi sepak bolanya menjadi daya tarik untuk siswa berkuliah di UMJ,” tambah Rafli.

R. Hiru Muhammad, S.Sos., M.I.Kom kepala bagian PMB FISIP UMJ sebagai inisiator Turnamen Futsal Piala Bergilir menjelaskan bahwa peningkatan minat futsal di kalangan remaja menjadi alasan diselenggarakannya turnamen ini. “Momentum penerimaan mahasiswa baru menjadikan turnamen ini sebagai indikator bahwa olahraga di UMJ juga menjadi perhatian dan untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah diharapkan untuk menjadi bagian dari UMJ dengan keragaman fakultas yang bisa dipilih oleh siswa,” jelas Hiru. Hiru juga berharap turnamen ini dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

Turnamen Futsal Piala Bergilir berakhir pada Selasa (9/8) dan menjadikan SMAN 97 Jakarta (3), SMK Nusantara B (2), dan SMK Nusantara A (1) keluar sebagai juara. Pemberian hadiah dilakukan saat penutupan kegiatan. Dekan FISIP UMJ, Dr. Evi Satispi, M.Si., pada sambutannya saat penutupan menyampaikan kecakapan siswa dalam bidang olahraga merupakan nilai lebih dan akan diapresiasi dengan beasiswa jika ingin melanjutkan pendidikan, khususnya di FISIP UMJ.

“Kita akan memberikan beasiswa, karena kecakapan adik-adik siswa ini dalam bidang olahraga. Kalian (siswa) sudah mempunyai nilai lebih, kompetensi lebih dalam bidang ini (olahraga),” turur Evi. Evi juga mengucapkan selamat kepada sekolah yang mendapatkan juara dalam turnamen ini. “Selamat kepada adik-adik (siswa) semua (yang mendapatkan juara), ikuti kegiatan ekstrakulikuler untuk manfaat jejaring untuk berprestasi dalam bidang non akademik, FISIP akan siap menerima kalian (siswa) untuk menjadi mahasiswa baru,” ungkap Evi.

Kepala Sekolah SMK Nusantara sekaligus Alumni FAI UMJ, Nawati mengatakan turnamen Futsal Piala bergilir akan menjadi motivasi bagi mereka (siswa) untuk mendapatkan prestasi di jenjang lebih tinggi dan meningkatkan kualitas di bidang olahraga. “Prestasi yang didapat akan menjadi peluang beasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terutama di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ),” ujar Nawati.

Subhan Arbain siswa dari SMAN 97 Jakarta mengungkapkan kesan selama mengikuti turnamen ini. “Turnamen di FISIP ini membuat saya dan teman-teman merasa senang. Karena dapat bertemu dengan lawan-lawan yang bagus dan mampu memenangkan juara 3. Untuk turnamen berikutnya semoga bisa lebih besar dan meriah,” kata Subhan.

Aldi Renaldi merupakan Pemain Terbaik Turnamen Futsal Piala Bergilir yang berasal dari SMK Nusantara Kedoya menyatakan apresiasinya kepada UMJ yang telah menyelenggarakan turnamen ini. “Turnamen futsal yang diadakan UMJ dan universitas lain sangat bagus. Karena siswa yang berprestasi dalam bidang futsal bisa memperlihatkan kemampuannya,” jelas Aldi. Aldi juga berpesan kepada teman-temannya untuk memilih masa depan sesuai minat dan kemampuan.

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengapresiasi besar turnamen yang telah bergulir ini dan berharap turnamen seperti ini dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun selanjutnya. “Acara ini sangat bagus, acara yang bukan hanya mengasah fisik, tapi juga mengasah sportivitas, dan mengasah prestasi. Bagus bila (turnamen ini) kemudian rutin dilakukan tentu bisa melibatkan banyak sekolah-sekolah lagi,” ucap Ma’mun. (JD)