Humanity vs Technology, Diskusi Rektor UMJ dan Pakar Marketing Hermawan Kartajaya

Oleh :
Winda Dwi Astuti
Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si dan Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman Markplus, Inc., pada acara Markplus Goes to Campus edisi 43, (12/02/22). (Foto: Dok. UMJ)

Sabtu (12/02/22), Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Ma’mun Murod M.Si menjadi salah satu pembicara tamu di acara Markplus Goes to Campus edisi ke 43 secara virtual.

MarkPlus Goes to Campus (MGTC) ini sendiri merupakan ajang bertemunya komunitas kampus di Indonesia, ajang saling sharing inspirasi, serta sudut pandang Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership yang telah atau akan dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Selain Dr. Ma’mun Murod M.Si dan Hermawan Kartajaya selaku Founder & Chairman Markplus, Inc., yang sekaligus menjadi host, acara ini juga menghadirkan pembicara tamu lain yakni Rektor Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Dr. Yudi Sutarso, SE., M.Si.

Rektor Dr. Ma’mun Murod, M.Si pada paparan menyatakan bahwa UMJ menjadikan Catur Dharma Perguruan Tinggi sebagai landasan pergerakan di bidang wirausaha, salah satu upaya meningkatkan wirausaha di kalangan mahasiswa. 

Kemudian menurut Ma’mun, UMJ mendorong mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mengadakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah masyarakat, hal tersebut adalah bentuk dari pengabdian masyarakat. “UMJ dalam meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang entrepreneurship menjadikan kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib untuk seluruh fakultas,” ungkap Ma’mun.

Pada sesi diskusi Hermawan Kartajaya menjelaskan bahwa marketing dan digital adalah hal yang sudah pasti dan lumrah. “Namun, only humanity differentiates you from others marketeers, to create impact. Muhammadiyah itu jelas, di mana-mana Universitas Muhammadiyah yayasannya bersatu di bawah naungan PP Muhammadiyah. Mestinya Muhammadiyah kompak dan humanity-nya lebih terjamin”, jelas Hermawan.

Ia juga menyatakan berharap UMJ dapat bekerja sama dengan Markplus untuk meningkatkan kualitas wirausaha bersama.

Selain itu melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UMJ menerima penghargaan Bronze dari Markplus, dalam Entrepreneurial Campus Award. Penghargaan ini diberikan pada UMJ atas pencapaian dan kegiatan yang telah dilakukan dalam ruang lingkup entrepreneurship untuk kreativitas dan inovasi, pada Juni 2021. (KSU/WD)