POR FIP UMJ Jadi Jalan Atlet Kembangkan Karier dan Pendidikan

POR FIP UMJ Jadi Jalan Atlet Kembangkan Karier dan Pendidikan

Berkarier sebagai atlet harus mengorbankan banyak hal. Selain waktu dan tenaga, sering kali pendidikan juga harus ditinggalkan demi fokus di bidang olahraga yang dijalaninya. Padahal, pendidikan merupakan hal penting untuk menjalani kehidupan di masa mendatang.

Terkait hal tersebut, Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (POR FIP UMJ), memberi kesempatan kepada atlet sekaligus mahasiswa untuk terus mengembangkan karier dan pendidikan tinggi dengan seimbang.

Ketua Program Studi (Kaprodi) POR FIP UMJ Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd. menyampaikan jajaran pimpinan dari fakultas hingga universitas senantiasa melakukan pembinaan akademik dan non akademik dengan baik.

“Kami memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran sehingga atlet atau mahasiswa yang berprestasi mampu melakukan tugas-tugasnya dengan baik di lingkungan sivitas akademika,” ungkapnya via pesan singkat, Jum’at (17/05/2024).

Hal itu pun jadi salah satu keunggulan POR FIP UMJ sehingga para atlet dan mahasiswa yang ingin mengembangkan karier di dunia olahraga dapat memilih berkuliah di UMJ.

“Kami sangat terbuka dan menyambut baik apabila ada mahasiswa yang berkuliah di POR FIP UMJ dan bisa mendulang prestasi,” tambah Doby.

Ketua Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pengurus Harian BAPOMI itu menilai, banyaknya atlet yang menempuh pendidikan tinggi di POR FIP UMJ dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional merupakan karunia dan berkah bagi UMJ.

Doby mengutarakan, mahasiswa baru yang masuk POR FIP UMJ dan belum punya modal di berbagai cabang olahraga akan memiliki dasar, serta kemampuan di bidang yang diminatinya. Kemudian, yang sudah mempunyai dasar olahraga akan menjadi atlet yang baik. Lalu, yang sudah jadi atlet akan menjadi top atlet baik di tingkat nasional hingga internasional.

“Semoga mahasiswa UMJ, khususnya POR FIP mampu memiliki daya juang yang baik dan memiliki kemampuan di bidang akademik, serta non akademik dengan torehan prestasi yang mendunia,” pungkasnya.

Saat ini, UMJ telah berakreditasi Unggul dan telah memiliki banyak atlet nasional dalam berbagai cabang olahraga, misalnya Atlet Lari Wahyu Setiawan, Atlet Sepak Bola Muhammad Ferarri, Atlet Kun Bator Yazid Hanif Kurniawan, dan lain-lain.

Hal tersebut menandai komitmen UMJ dalam memberikan dukungan kepada para atlet untuk mengukir prestasi dan menciptakan lingkungan yang memotivasi, serta menginspirasi mahasiswa lain.

Penulis : Qithfirul Fahmi
Editor : Dinar Meidiana