Asah Bakat Seni di Komunitas Teater IMM FISIP UMJ

Teater IMM FISIP UMJ
Komunitas Teater IMM FISIP UMJ seusai menampilkan “Lahir dan Padam” pada pembukaan Sekolah Revolusi Vol. 2 di Aula Kasman Singodimedjo, Kamis, 13 Juni 2024.

Komunitas Teater IMM FISIP UMJ (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Muhammadiyah Jakarta) menjadi wadah para kader untuk mengasah bakat di bidang seni. Belum lama ini, Komunitas Teater IMM FISIP UMJ menyuguhkan penampilan teater berjudul “Lahir dan Padam” karya La Urry Murrai, Kamis, 13 Juni 2024, di Aula Kasman Singodimejo.

Teater itu menceritakan kisah tragis Socrates yang dihukum mati karena pemikirannya dianggap meracuni dan berbahaya bagi pikiran masyarakat. Melalui pementasan ini, Komunitas Teater IMM FISIP UMJ menyajikan hiburan sekaligus refleksi mendalam tentang kebebasan berpikir dan berdemokrasi.

Tema ini dipilih karena Socrates adalah salah satu tokoh filosofi terkenal dalam sejarah yang memberikan kontribusi besar terhadap pemikiran manusia. Pemilihan tema ini juga bertujuan untuk para penonton merenungkan tentang kebebasan berpikir, pentingnya demokrasi, serta batasan-batasan yang mungkin ada dalam masyarakat terhadap pemikiran yang dianggap kontroversial.

Melalui pementasan ini, mahasiswa dapat belajar tentang sejarah pemikiran filosofis, memahami perjuangan Socrates dalam mempertahankan keyakinannya, dan merenungkan nilai-nilai demokrasi dalam konteks kebebasan berpendapat.

Dalam cerita ini, tokoh utama Socrates diperankan oleh Raffa Shafii. Selain Socrates ada juga Plato (Ilham Pratama), Sang raja (La Urry Murrai) dan tokoh pendukung lainnya yang juga muncul dalam pementasan.

Pesan yang ingin disampaikan kepada penonton melalui kisah ini adalah pentingnya mempertahankan keyakinan, keberanian untuk berdiri teguh pada prinsip, serta refleksi mendalam tentang nilai-nilai kebebasan berpikir dalam masyarakat yang demokratis.

Melalui pementasan ini, diharapkan penonton dapat merasakan emosi dan refleksi yang mendalam tentang konflik antara individu dan masyarakat dalam konteks kebebasan berpikir. Mereka memberikan penampilan memukau dalam rangka memeriahkan pembukaan acara Sekolah Revolusi Vol. 2.

Komunitas Teater IMM FISIP UMJ berdiri pada tahun 2023. Inisiasi pendiriannya diawali dengan prestasi dua kader IMM FISIP UMJ pada acara Pekan Seni, Ilmiah, dan MTQ UMJ 2023.

Keduanya yakni Hana Rizqika Handani Juara 1 monolog “Aku Tolong” karya Riantiarno dan Affifah Anggreni Juara 2 monolog “Tikus-tikus Kecil”.

Teater IMM FISIP UMJ mulai debutnya di tahun yang sama dalam gelaran pembuakaan Sekolah Revolusi Vol. 1 dan semakin produktif berkarya di berbagai acara.

Meskipun belum pernah menggelar pementasan tunggal, tetapi Teater IMM FISIP UMJ telah dipercaya untuk tampil di beberapa acara internal seperti SilaturahIMM Kader 2023, Masa Taaruf Mahasiswa IMM 2023, Wonderful of IMM 2023, SilaturahIMM Kader 2024, dan Sekolah Revolusi Vol 2.

Sejak berada di bawah kepemimpinan Dian Fitriani hingga Hana Rizqika Handani, Teater IMM FISIP UMJ terus menunjukkan dedikasi dan semangat yang luar biasa dalam mengembangkan seni teater.

Sebagai bagian dari bidang Seni Budaya dan Olahraga (SBO) IMM FISIP UMJ, komunitas teater ini bukan sekadar tempat untuk menunjukkan kebolehan bermain peran. Namun turut membangun lingkungan kolaboratif, melatih kerja tim, dan mendorong semangat kreativitas kader untuk berkembang.

Dengan semangat yang terus berkobar, Teater IMM FISIP UMJ menawarkan inspirasi dan harapan bagi para pecinta seni teater di lingkungan kampus dan masyarakat luas.

Anggota Komunitas Teater IMM FISIP UMJ berharap dapat terus berkarya dan memberikan kontribusi dalam perkembangan seni budaya di lingkungan kampus dan khususnya IMM.

Penulis: Cahya Wardha Tul-Jannah
Editor: Dinar Meidiana