Konsep Urban Farming FTAN UMJ Dilirik Perusahaan Spanyol

Oleh :
KSU UMJ Editor
Director International Riegos Y Technologia S.L. (RITEC), Luis Lopez saat berkunjung ke kebun hidroponik FTAN UMJ pada Senin (4/7/2022), di Gedung FTAN UMJ.

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (FTAN UMJ) menerima kunjungan dari Director International Manager Riegos Y Technologia S.L. (RITEC), Luis Lopez pada Senin (4/7/2022), di Gedung FTAN UMJ.

Luis Lopez disambut oleh Wakil Dekan I dan II FTAN UMJ, beserta Ketua Prodi Agroteknologi, dan Ketua Prodi Agribisnis FTAN UMJ. Luis mengaku bahwa urban farming adalah hal yang menariknya datang ke UMJ. Kunjungan tersebut juga merupakan awal terjalinnya hubungan baik antara RITEC dan FTAN UMJ dalam membuka peluang-peluang kerja sama.

RITEC adalah perusahaan asal Spanyol yang berdiri sejak 1994, yang bergerak dibidang agroteknologi. RITEC berfokus pada pembuatan dan pengembangan peralatan irigasi, kontrol iklim, dan pelembab udara.

Dalam kunjungannya, Luis menjelaskan beberapa produk pengembangan yang dimiliki oleh RITEC seperti Nutatec, Clinvertec, Huritec, dan Nutritec. Pengenalan produk tersebut merupakan suatu bentuk komitmen RITEC untuk mengembangkan agroteknologi. “Saya bertanya dari kolega (perusahaan asal Spanyol) yang ada di Indonesia tentang universitas pengembangan agroteknologi di Jakarta dan diarahkan ke UMJ, akhirnya saya datang kesini, dan saya sangat senang dengan sambutan yang sangat baik,” kata Luis.

Luis sebagai bagian dari Ritec, membuka peluang kerja sama dan kolaborasi dalam riset dan pengembangan urban farming.

Ketua Prodi Agroteknologi (Plt.), Dr. Ade Sumiahadi, SP, MP, menjelaskan keseriusan dan fokus FTAN UMJ dalam mengembangkan urban farming. “Diharapkan urban farming mampu menjadi solusi untuk pertanian saat ini yang mulai terkikis (di Jakarta), nantinya tidak akan ada lahan sempit manapun yang kosong tanaman, dan kita akan fokus mengembangkan hal ini (urban farming),” ucap Ade.

Luis menanggapi dengan respon positif. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan dan sejalan dengan perusahaan RITEC. Keselarasan antar RITEC dan FTAN UMJ membuahkan peluang kerja sama yang nantinya akan menunjang UMJ dalam mengembangkan urban farming. Pertemuan diakhiri dengan mengunjungi kebun hidroponik FTAN UMJ sebagai bagian dari konsep urban farming yang sedang digalakkan.

Wadek I FTAN UMJ, Dr. Meisanti, SP, MP, menyambut kedatangan Luis dengan terbuka. Meisanti mengatakan bahwa FTAN UMJ terbuka untuk segala kerja sama dalam meningkatkan kualitas pertanian Indonesia yang dimulai dari tingkat universitas. “Kita sangat terbuka dan menanti kerja sama yang akan dilakukan dalam segala bidang, baik penelitian tentang pertanian, pengembangan kualitas pertanian Indonesia. Harapannya semoga kerja sama ini nantinya akan terjalin,” ujar Meisanti.

Lebih lanjut, Meisanti juga melihat peluang untuk berkolaborasi udalam pengembangan akademis. “Kita bisa mengundang praktisi dari sana untuk memberikan kuliah tamu, bisa dilakukan secara daring,” ungkap Meisanti.

Pertemuan tersebut menjadi awal perkenalan FTAN UMJ dengan Ritec. Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin komunikasi lebih lanjut dan menindaklanjuti peluang kerja sama. (JD/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/