Kolaborasi UMJ dan Alumni dalam Kampanye Kebun Hidroponik

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si bersama Direktur Utama CV Hidroponik Kita Tani Mandiri, Diah Setiawati, S.P. saat panen dari kebun hidroponik FTAN UMJ pada (23/05).
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kebun hidroponik Fakultas Pertanian (FTAN) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang telah diresmikan pada Senin (23/05), oleh Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti, M.Ed., direncanakan akan mulai produksi pertama jenis bayam sesuai dengan permintaan dari mitra. Gagasan untuk membuka lahan hidroponik di UMJ muncul saat diskusi antara Dekan FTAN UMJ dan pihak CV Hidroponik Kita Tani Mandiri selaku mitra. Sebelumnya kerja sama di antara keduanya dalam lingkup pendidikan, yakni sebagai tujuan mahasiswa FTAN UMJ untuk melaksanakan program magang.

Kebun hidroponik dibuka di kampus UMJ atas dasar inovasi dan kebutuhan penunjang pembelajaran. Selain sebagai penunjang pembelajaran urban farming atau pertanian modern bagi mahasiswa FTAN UMJ, kebun hidroponik juga akan dimanfaatkan untuk mengisi peluang bisnis. Mitra yang telah berkomitmen untuk bekerja sama adalah CV Hidroponik Kita Tani Mandiri.

Kerja sama yang dijalin juga didukung oleh peran alumni FTAN UMJ yang sekaligus sebagai Direktur Utama CV Hidroponik Kita Tani Mandiri, Diah Setiawati, S.P. Berawal dari program magang di CV Hidroponik Kita Tani Mandiri saat masih menempuh studi di FTAN UMJ, kini ia menjadi direktur utama yang menjalin kerja sama dengan kebun-kebun hidroponik, salah satunya FTAN UMJ.

“Sebenarnya pertanian harus dikenal secara luas. Salah satunya hidroponik, harusnya bisa jadi dorongan semangat bagi anak muda di perkotaan untuk fokus di bidang pertanian. Kami memiliki tujuan untuk memberikan dorongan pada anak muda agar anak muda (khususnya lulusan pertanian) akan merasa enjoy di bidang pertanian. Selain itu juga menumbuhkan kesadaran dan keinginan untuk fokus di sana (bidang pertanian)”, ungkap Diah saat ditemui di sela kegiatan peresmian dan panen raya kebun hidroponik FTAN UMJ pada Senin (23/05).

Diah juga mengungkapkan rasa bahagianya karena bisa berkolaborasi dengan kampus UMJ yang juga almamater. “Semoga bisa bermanfaat bagi banyak pihak,” ungkap Diah.

Misi mengkampanyekan pertanian urban yang digagas oleh FTAN UMJ melalui kebun hidroponik didukung oleh CV Hidroponik Kita Tani Mandiri selaku mitra. Pernyataan Charlie Candapati, praktisi pertanian hidroponik yang juga merupakan bagian dari CV Hidroponik Kita Tani Mandiri turut mendukung misi tersebut. Menurut Charlie, pertanian tradisional tidak bisa diterapkan di wilayah perkotaan seperti Jakarta yang jumlah lahan pertaniannya semakin sedikit dan langka. Oleh karenanya pertanian urban sejenis hidroponik bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa pertanian. CV Hidroponik Kita Tani Mandiri menjadi mitra strategis FTAN UMJ dalam membuka lahan hidroponik yang berkelanjutan menuju industri pertanian modern. Hasil produksi kebun hidroponik akan didistribusikan dan disuplai ke supermarket.

Permintaan pasar akan komoditi sayuran yang tinggi menjadi peluang yang dapat diisi oleh FTAN UMJ untuk terus mengembangkan dan menggarap lahan hidroponik. “Kebutuhan keseluruhan sayur penduduk Jakarta 1500 ton per hari. Kebun manapun tidak ada yang sanggup memenuhi permintaan tersebut. Pasar pertanian sangat terbuka luas, sementara pemasoknya sedikit. Diharapkan dengan ini (kebun hidroponik) bisa memberikan contoh kepada masyaakat luas bahwa lahan kecil juga bisa memproduksi sayur untuk kebutuhan rumah bahkan bisa dipasarkan,” ungkap Charlie.

Kebun hidroponik merupakan inovasi dari FTAN UMJ sebagai laboratorium bagi mahasiswa FTAN bukan hanya dari segi pertanian tapi juga kewirausahaan. Terlebih program ini didukung penuh oleh pimpinan UMJ, mendapat apresiasi dan banyak masukan positif untuk perkembangan kebun dari pimpinan dan BPH UMJ. (DN/KSU)

Berita Terbaru

id Bahasa Indonesia
X