Kemahasiswaan

UMJ Raih 7 Medali dalam Festival Al-Quran Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiah Tingkat Nasional

administrator | Sabtu, 13 Agustus 2016 - 09:48:37 WIB | dibaca: 7267 pembaca


Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) membawa pulang 7 medali pada ajang Festival Al-Qur'an Perguruan Tinggi Muhammadiyah / Aisyiyah (PTMA) Tingkat Nasional yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Selasa-Kamis (9-11) lalu. Festival ini berisikan berbagai macam kegiatan perlombaan (musabaqoh) terkait al-Qur’an. Kontingen UMJ sebanyak 20 orang didampingi oleh Wakil Rektor III Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., Wakil Rektor IV Rohimi Zamzam, S.Psi., M.Pd. dan 2 orang Pembina Adi Mansah, Lc, M.A. dan Nurlaela Yusuf. Kegiatan lomba diikuti oleh 470 Mahasiswa dari 58 PTMA se-Indonesia dari Aceh hingga Sorong.

Festival ini direncanakan oleh UMY sebagai kegiatan rutin dua tahunan, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan di bidang Al-Qur’an, baik membaca maupun memahaminya bagi internal UMY dan Institusi PTM.
 
Menurut Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A. bahwa gagasan ide Festival Al Qur’an ini telah ada sejak tahun 2015, namun baru terlaksana sekarang. "Semua ini berkat kerja keras seluruh panitia," katanya, sebagaimana dikutip dari laman resmi UMY. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kecintaan dan kemauan dekat dengan al-Qur’an sebagai perwujudan semangat ar-ruju ila qur’an wa sunnah (kembali kepada al-Qur’an dan sunnah) khususnya di kalangan mahasiswa Muhamamdiyah. Di samping itu kegiatan ini sebagai ajang silaturrahim antar mahasiswa Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

UMJ mengirimkan 20 Peserta dari maksimal 22 Peserta yang dapat dikirim oleh setiap PTMA. Kategori yang dilombakan dalam Festival ini dengan peserta dari UMJ adalah:

- Tilawatul Qur’an
Putra: Aidin Rajbi Baihaqi
Putri: Silvia Yulianti

- Tartilul Qur’an
Putra: Teguh Agus Wahyuda
Putri: Khoiriyah Safitri

- Tahfidzul Qur’an 1 Juz
Putra: Muhammad Yahya
Putri: Helmi Rizki Hayati

- Tahfidzul Qur’an 5 Juz
Putra: Abid Abdurrahman
Putri: Lisa Qurrota A’yun

- Tahfidzul Qur’an 10 Juz
Putra: Aulia Hafidz Muttaqin

- Tahfidzul Qur’an 15 Juz
Putra: Muhammad Afif Akbar
Putri: Maulidya Fatima Shalihah

- Tahfidzul Qur’an 30 Juz
Putra: Sayf Qisthi Muslim

- Kaligrafi Al-Qur’an
Putra: Muhammad Mahatir
Putri: Rodliyah Noor Azizah

- Syarhil Qur’an secara Kelompok 3 Orang
Tilawah: Neni Apriani
Saritilawah: Ikhsanti Fitri Khairunnisah
Pidato: Muhammad Luthfian Aenimustafa

- Fahmil Qur’an secara Kelompok 3 Orang
Kharisma Rosmalasari P. A.
Ilham Dermawan
Nurul Latifah Fahmi

Adapun medali yang diiraih kontingen UMJ adalah:

1. Tahfidz Quran 30 Juz, Juara Harapan 1 Putra: Sayf Qisthi Muslim
2. Tahfidz Quran 15 Juz, Juara 2 Putra: Muhammad Afif Akbar
3. Tahfidz Quran 15 Juz, Juara 2 Putri: Maulidya Fatima Shalihah
4. Tahfidz 10 Juz, Juara Harapan 1 Putra: Aulia Hafidz Muttaqin
5. Tahfidz 5 Juz, Juara Harapan 1 Putra: Abid Abdurrahman
6. Tahfidz 1 Juz, Juara Harapan 2 Putra: Muhammad Yahya
7. Kaligrafi, Juara 2 Putra: Muhammad Mahatir

 

Perolehan medali ini tentu saja memberikan kebanggaan bagi UMJ. Senada dengan yang disampaikan oleh Rohimi, "Kami bangga dengan nanda semua yang sudah berjuang atas nama UMJ, kalian adalah Pahlawan Qur'an. Ini adalah awal perjuangan kita, karena kita punya PR besar untuk membangun mentalitas Qur'ani di kampus UMJ".

Dalam kesempatan yang sama, Irfan menekankan pentingnya pembinaan yang serius dan berkelanjutan. Hal ini yang akan dilakukan oleh Bidang Kemahasiswaan yang bekerja sama dengan Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Selain agar UMJ bisa meningkatkan prestasi ini, juga agar terbentuk generasi-generasi Qur'an selanjutnya yang dapat menyebarkan, mengimplementasikan dan mengintegrasikannya dengan kehidupan akademis di UMJ sesuai dengan visi UMJ: Modern, Terkemuka dan Islami.

(HUMAS)
  

 










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)