Dunia Islam

Duta Besar Iran untuk Indonesia Kunjungi UMJ

administrator | Senin, 16 Januari 2017 - 15:07:13 WIB | dibaca: 7250 pembaca

Valiollah Mohammadi, Duta Besar Iran untuk Indonesia, berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) guna membangun kembali kerjasama kedua institusi yang telah terjalin sejak 2011. Kedatangan Valiollah beserta dua orang asistennya disambut oleh Rektor UMJ Prof. Syaiful Bakhri, Wakil Rektor I Kahar Maranjaya, Wakil Rektor III Irfan Purnawan, Wakil Rektor IV Rohimi Zamzam, Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Endang Zakaria dan beberapa pimpinan fakultas di aula rektorat lantai I, Senin (16/1).
 
Rektor UMJ mengatakan bahwa kerjasama pada tahun 2011 melahirkan Iran Corner. Menurutnya, Iran Corner telah memberikan sumbangsih kepustakaan bagi UMJ. Untuk menjalin kembali kerjasama Rektor mengundang Valiollah datang kembali ke UMJ guna mengadakan seminar internasional dengan tema dan waktu yang ditentukan kemudian.
 
Valiollah, pada kesempatan tersebut, lebih banyak menjelaskan situasi umat Islam terkini. Katanya, akhir-akhir ini Islam dipandang sebagai agama radikal yang berwajah bengis. "Ini ulah sedikit orang yang mengatasnamakan Islam saat melakukan tindakan radikalnya," demikian ia membuka penjelasannya. Padahal, katanya lagi, Islam merupakan agama yang membawa pesan damai. Agama Rahmatan lil 'alamin.
 
Untuk menghentikan dan melakukan pencegahan tersebarnya radikalisme di kalangan umat Islam ia melihat pentingnya lembaga pendidikan. "Lembaga pendidikan dapat memberikan pencerahan guna mengantisipasi hal tersebut," katanya.
 
Ia pun mengapresiasi Muhammadiyah yang telah lama mendirikan lembaga pendidikan.
 
Dalam kesempatan yang sama Valiollah menjelaskan kondisi Iran terkini. Katanya, Iran tengah mengalami kemajuan yang pesat di berbagai bidang. Terutama sains dan ilmu pengetahuan. "Telah kita ketahui bahwa Presiden Indonesia belum lama ini melakukan kunjungan ke Iran dalam rangka kerjasama di bidang sosial, ekonomi, sains dan teknologi," jelasnya.
 
"Kunjungan kita (ke UMJ, red) untuk mewujudkan kerjasama tersebut terutama dalam bidang akademik dan pengetahuan," tambahnya lagi. 
 
Ia berharap rektor dapat berkunjung ke Iran guna melihat lebih dekat kemajuan dan dinamika lembaga pendidikan di sana. Kunjungan tersebut juga diharapkan dapat membangun hubungan keilmuan kedua belah pihak. (HUMAS)










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)